Tugas-APSI-8-Data-Modelling

Nama: Darvin Exaudi Simanjuntak

NRP: 5025211172

Kelas: APSI (D)

Data Modelling

    Data modeling (pemodelan data) adalah proses menghasilkan skema deskriptif, hubungan antara berbagai jenis informasi untuk disimpan di dalam database. Salah satu tujuan data modeling adalah untuk menciptakan metode penyimpanan informasi yang paling efisien sambil memberikan akses dan pelaporan yang komprehensif. Data modeling juga merupakan keterampilan penting bagi ilmuwan, baik Anda yang sedang melakukan desain penelitian atau merancang repositori data untuk bisnis.

Jenis-Jenis Data Modeling

1. Conceptual Data Modeling (CDM)

Jenis model data ini mendefinisikan data tampilan pengguna tingkat tinggi. Model ini biasanya dibuat oleh pemangku kepentingan arsitektur bisnis dan data. Tujuannya adalah untuk mengatur, memperluas, dan mendefinisikan konsep dan aturan bisnis.

2. Logical Data Modeling (LDM)

Pemodelan data jenis logical digunakan untuk menentukan bagaimana sistem sebaiknya diterapkan, terlepas dari DBMS. Tujuannya adalah untuk mengembangkan peta teknis peraturan serta struktur data atau yang biasa disebut Record Based Data Model (RBDM).

3. Physical Data Modeling (PDM)

Pemodelan data physical menggambarkan cara sistem bekerja dan berimplementasi menggunakan sistem DBMS tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat implementasi visual dari database model atau yang biasa disebut Physical Based Data Model (PBDM).


Contoh Implementasi Data Modeling dengan Studi Kasus Netflix

Netflix adalah tempat untuk tontonan mulai dari serial drama terkini hingga acara gaya hidup, reality show, film terbaru, konten sejarah, dokumenter, acara desain, komedi, acara anak-anak, dan banyak genre lainnya. Di Indonesia, Netflix kini sangat mudah diakses.

CDM : 

LDM :


PDM:





Referensi: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS-APSI

Tugas-APSI-9-Desain-Arsitektur

Tugas-APSI-6-Use-Case